Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Utama HRD di Perusahaan

 Tugas utama HRD di perusahaan


Apa Saja Tugas Utama dan Fungsi dari  HRD di perusahaan


bayastekno - Dalam sebuah perusahaan tentu terdapat devisi yang mengatur dan bertanggung jawab terhadap karyawan. Adapun devisi yang di maksud adalah human resoerce development (HRD). HRD memiliki tugas utama dan tanggung jawab yang besar terhadap perusahaan. Dari perekrutan karyawan, melakukan pelatihan, menentukan salary dan memberikan kompensasi adalah bagian tugas dari HRD.

Maka sangat wajar jika gaji yang didapatkan oleh seorang HRD lumayan besar yaitu sekitar antara 5 - 8 jutaan. Posisi ini pada umumnya dijalani oleh HRD yang memang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya. 

Mengingat beban tugas utama dan tanggung jawab yang dijalaninya. Untuk menjadi seorang HRD di perusahaan juga tidak mudah. Tidak cukup dengan mengajukan diri kepada atasan agar menduduki posisi sebagai HRD. Tidak demikian.

Syarat utama yang biasa dijadikan landasan untuk menduduki posisi HRD adalah sebagai berikut :

  1. Dapat menyelesaikan setiap permasalahan dan kendala dalam pekerjaan keryawan.
  2. Dapat menemukan dan mencari solusi terbaik tentang SDM karyawan
  3. Memiliki lulusan jenjang pendidikan yang sesuai yaitu lulusan Psikologi
  4. Memahami setiap laporan yang masuk
  5. Dapat memahami setiap karakter karyawan lain, termasuk para calon karyawan baru
  6. Dapat bekerja secara tim yang profesional
  7. Tidak mengutamakan kepentingan pribadi



Berdasarkan beberapa syarat untuk menjadi seorang HRD ternyata tidaklah mudah. Harus ada pendirian yang kuat dan kemauan yang tinggi menjadi seorang HRD. Dalam perusahaan yang berkembang, memposisikan diri untuk menjadi bagian dari seorang HRD tentu tidaklah mudah, dan menjadi seorang HRD yang bekerja sesuai dengan tugas utamanya yang besar itu juga sulit. 

Terdapat faktor yang mempengaruhi posisi kerja HRD. Misalnya tidak semua HRD mendapatkan posisi kerja yang sulit,namun terdapat pekerjaan yang mudah di jalani yang dilakukan oleh seorang HRD.

Menjadi seorang HRD atau human resoerce development itu apakah harus yang berpengalaman. Tentu pertanyaan ini ada kaitannya dengan keinginan menjadi HRD. Untuk mendapatkan posisi jabatan sebagai HRD, tentu yang perlu di butuhkan adalah tentang manajemen bisnis, keuangan, dan pendidikan serta pengalaman yang berkaitan dengan akutansi jika memungkinkan. 

Dengan demikian, tentu harus siap dengan tugas pokok HRD yaitu mengembangkan pemahaman secara menyeluruh tentang bisnis perusahaan yang terlibat, sehingga hal demikian jika jalani akan berhasil menjadi seorang HRD.

Baca juga : Cara melamar kerja agar cepat di terima kerja di perusahaan

Tugas utama HRD


Adapun tugas utama yang dilakukan oleh HRD antara lain : 


1. Membuat Perencanaan Sumber Daya Manusia

Pada tugas ini, seorang HRD tentu harus membuat rencana kerja karyawan dari awal perekrutan, seleksi, manajemen kerja, melakukan pelatihan serta membuat perlindungan terhadap karyawan. Kompensasi dan pemberian tunjungan yang diperhitungkan berdasarkan ketentuan kerja HRD. Tugas pokok lain 


2. Seorang HRD dapat mengetahui kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan pada masa mendatang.

HRD dapat merancang dan mencari solusi apabila dalam perusahaan mengalam kendala. Selain itu, HRD akan menentukan jumlah besaran karyawan yang dibutuhkan perusahaan untuk masa yang akan datang. Perkembangan perusahan yang terus maju, tentu akan membuat HRD memiliki beban tugas yang besar.


3. Membuat manajemen kinerja karyawan

Karena HRD yang berhubungan langsung dengan karyawan, tentu HRD dapat membuat dan menyusun langkah-langkah dalam manajeman kinerja karyawan. Sebagai contoh karyawan dalam perusahaan dapat bekerja secara maksimal, kondusif dan produktif sebagai karyawan sesuai apa yang mereka kerjakan. Maka dengan demikian, hasil capaian yang di peroleh tentu akan membuat HRD menjadi sangat senang. 


4. Melakukan evaluasi

Tugas utama HRD salah satunya adalah selalu melakukan evaluasi berdasarkan apa yang dikerjakan oleh karyawan. Setiap hasil pekerjaan tentu di tinjau terlebih dahulu dan apabila terdapat kesalahan maka perlu adanya evalusi yang mendalam. Evaluasi kerja dilakukan bukan hanya pada saat melakukan pekerjaan saja, melainkan pada saat penentuan rekrutmen, seleksi, bahkan melakukan pelatihan karyawan.

Baca artikel terkait : Cara cepat agar diterima kerja di perusahaan

Fungsi utama HRD


Dalam menjalankan tugas sebagai HRD dalam perusahaan tentu tidak terlepas dari tanggung jawab yang jalaninya. Adapun fungsi utama HRD dalam menjalankan tanggung jawabnya adalah sebagai berikut :


1. Membuat perencanaan sumber daya manusia (SDM)

Perencanaan sumber daya manusia biasanya dilakukan pada saat akan dibukanya perekrutan karyawan baru dalam perusahaan. Perencanaan sumber daya manusis meliputi ketentuan dan syarat yang harus dimiliki karyawan untuk melakukan perekrutan. Misalnya dari segi pendidikan atau lulusan, pengalaman kerja, gender, usia atau umur dan sebagainya.


2. Melakukan rekrutmen dan seleksi karyawan

Pada saat melakukan rekrutmen tentu tidak asal asalan dalam memilih karyawan. Karyawan yang baik yang sesuai dengan ketentuan dari perusaan itulah yang nantinya dapat bekerja. Terlebih memiliki kemauan yang tinggi, produktif, aktif serta memiliki inovasi yang luar biasa yang nantinya dapat membawa kemajuan perusahaan. Proses penerimaan karyawan atau rekrutmen karyawan akan sangat baik dilakukan apabila karyawan yang angkat untuk bekerja dapat menjalan tugas dengan baik, bekerja sesuai dengan visi misi perusahaan. 


3. Mengembangkan karyawan

Pada bagian ini, fungsi dari HRD adalah mengembangkan karyawan secara aktif. Karyawan yang memiliki kemajuan dalam bekerja tentu akan mendapat dorongan dari HRD, dan sebaliknya untuk karyawan yang memang masih awal perekrutan akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan pelatihan mengenai bidang yang akan dikerjakan. 

Program pengembangan karyawan tentu harus dibuat dan dirancang berdasarkan apa yang diperoleh dari bekerja. Hasil kerja yang di evaluasi kemudian mendapatkan kesempatan untuk program pengembangan karyawan.

Berdasarkan apa yang menjadi tugas utama HRD dalam perusahaan ternyata bukan hanya tugas yang ringan, melainkan adalah tugas yang berat dan tanggung jawab yang besar untuk perusahaan. HRD menjadi salah satu kunci kemajuaan dari perusahaanya kedepannya. 

Tanpa adanya HRD tentu perusahaan akan mengalami kesulitan dalam mengemban kemajuan sesuai visi dan misi perusahaan.

Dengan demikian, untuk mewujudkan perusahan yang berkembang dalam melakukan rekrutmen karyawan ada beberapa ketentuan yang perlu dibutuhkan, yaitu sebagai berikut :

  1. Menentukan karyawan yang memiliki integritas tinggi.
  2. Dapat memberikan pelayanan, kenerja yang baik dalam bekerja.
  3. Dapat bekerja dengan baik, secara tim maupun personal sesuai dengan tanggung jawabnnya.
  4. Dapat memahami apa yang menjadi kebutuhan dari perusahaan.
  5. Dapat berkomunikasi dengan baik.
  6. Memiliki pengalaman kerja dan etas kerja yang tinggi.


Dari beberapa penjelasan mengenai tugas utama HRD, maka ini penting sekali di terus dikembangkan dalam perusahaan.