Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indahnya Wisata Telogo Rejo Lampung Tengah


Gapura memasuki telogo rejo
Gambar @ Laa carita
Hai teman-teman. Kali ini saya akan menceritakan tentang tempat wisata yang ada di daerah lampung, tepatnya di lampung tengah. Mudah-mudahan informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua dan menjadi daya tarik tersendiri. 

Kalian pasti penasaran kan? Tempat wisata apa yang ada di lampung tengah. 
Ya! namanya adalah telogo rejo. Apakah teman-teman tahu, apakah itu telogo? Kalau teman-teman belum tahu, coba cari di kamus ya? Hehe…!

Telogo atau telaga yang berarti sebuah danau yang letaknya di sekitar area pegunungan. Dalam bahasa jawa, istilah telogo sama halnya dengan telaga. Namun, karena tempat wisata ini sudah lama ada dan terkenal dengan sebuatan telogo rejo.

Telogo rejo merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Lampung Tegah, tepatnya di Desa Sendang Baru Kecamatan Sendang Agung. Sebenarnya aku tidak tahu persis asal mu asal telogo rejo. Apakah telaga yang di jadikan sebagai tempat wisata ini sengaja di buat oleh manusia atau secara alami.  Karena lokasinya berada di antara lereng pegunugan sekitar.

Sebenarnya kalau di lihat dari lokasinya, objek wisata ini sudah lama dibagun. Terbukti dari perkataan orang-orang sekitar dan beberapa pengelola yang menyampaikan informasi tentang objek wisata telogo rejo. 

Terdapat sebuah menara tinggi dan bagunan tua yang sekarang sudah di bongkar total. dan sepertinya memang sengaja di kelola oleh lingkungan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan air para petani. 

Dari tahun ke tahun objek wisata telago rejo selalu berbenah. Banyak wahana yang tersedia di sana. Nah! buat teman-teman pencinta alam atau yang memiliki hobi berpetualang. Telogo rejo menjadi tempat yang pas dan menarik untuk di kunjungi. Ayo segera datang langsung tanpa ragu-ragu. Pasti tidak akan kecewa deh kalau sudah sampai sana. Heheee! 

Karena saya sendiri sudah terhitung tiga kali mendatangi telogo rejo semenjak dua tahun yang lalu. Nah buat teman-teman yang merasa penarasan, jangan tunggu lama lagi. Buruan datang ke objek wisata telogo rejo yang ada di lampung tengah. 

Kalau tidak datang! Entar nyesel loh! Hehee! 

Selain tempatnya yang indah karena lokasinya berada di area pegunungan, juga terdapat banyak wahana yang ada. Antara lain, seperti kolam renang, taman bunga, area pemanahan, perahu apung, tempat peristirahatan, mushola,  dan masih banyak lagi yang lain. 

Taman Bunga

Taman bunga
Taman bunga yang ada ada telogo rejo letaknya di sebelah utara bagian pinggir persawahan. Lokasi tanaman yang berada di tanah kemiringan di ubah menjadi bentuk taman yang rapi dan indah. Berbagai jenis tanaman bunga tumbuh segar degan bunga yang indah. Ada yang berbunga berawarna merah, kuning, ungu, coklat menjadi satu dengan batang yang sama. 

Apalagi di tengah-tengah taman terdapat pohon besar yang di bawahnya di tersedia kursi kayu yang unik. Bentuk dan ukuran yang menawan membuat para pengunjung ingin duduk dan berfoto di kursi itu. kalau buat kalian yang suka berfoto selfi, di tempat taman bunga ini adalah tempat yang cocok sebagai pilihan.

Area Pemanahan

Area pemanahan
Kalau kita akan masuk ke pintu gerbang utama, tidak jauh dari lokasi parkir kendaraan terdapat area pemanahan. Letaknya berada di sebelah barat taman bunga. Tempat area pemanahan lokasinya sangat strategis dan mudah di jangkau. Buat teman-teman yang suka dengan memanah atau yang ingin belajar memanah. Silahkan bisa di coba langsung dengan mendatangi tempat tersebut. Ditambah lagi ada penngelola yang nantinya akan memandu kita untuk belajar cara memanah. Makanya, khusus yang pemula belajar memanah jangan pusing-pusing lagi belajar sendiri. karena di tempat ini sudah ada pemandu yang sudah profesional.

Perahu Apung

Perahu apung

Ternyata di telogo rejo juga terdapat satu perahu apung yang sengaja di sediakan untuk berkeliling oleh pengunjung. Perahu apung di desain dengan bentuk yang menarik dan dapat di memuat penumpang dengan jumlah banyak. Bagi pengunjung tidak akan menyesal jika mencoba menaiki perahu apung tersebut. 

Saat menaiki perahu apung, kita dapat mengelilingi area lokasi telaga. Kita dapat merasakan langsung betapa asyiknya berfoto di atas perahu. Apalagi saat perahu sedang berjalan. Kita dimanjakan dengan kesejukan dan terpaan angin segar dari  berbagai arah. Pohon-pohon besar tumbuh sangat rindang berjejer membentuk barisan. 

Satu dua kali perahu berputar   menyusuri genangan air yang sangat jernih. Maka tak heran, jika ada pengunjung saat menaiki perahu  melihat ikan besar saling bekerjaran. 

Kolam Renang

Ternyata di telogo rejo juga terdapat wahana pemandian yaitu kolam renang. Kolam renang ini di sediakan oleh pengelola untuk pengunjung yang datang apa bila  ingin mandi atau sekedar bermain di area tersebut.

Terdapat dua tempat yaitu khusus untuk anak-anak dan untuk dewasa. Letak kolam renang ini berada di belakang pintu masuk utama dan berdekatan dengan kantin.  Air kolam yang sangat jernih dan tempatnya yang bagus membuat pengunjung merasa betah.  Selain itu, terdapat hiburan  musik karauke dengan nyanyian yang merdu. 

Jadi pengunjung akan merasa terhibur dengan adanya hiburan tersebut. Meraka saling bercengkrama ria dengan sanak keluarga. 

Tempat Peristirahatan

Kebanyakan pengunjung yang datang ke telogo rejo adalah masyakarat yang berasal dari luar daerah. Mereka sengaja datang untuk menikmati ke asrian telogo rejo untuk sekedar berlibur di akhir pekan. Ini adalah pilihan meraka agar bisa menghibur diri dengan nuansa alami. Berlibur ke telogo rejo membuat pengunjung merasa senang dan nyaman.

Selain terdapat wahana yang di sediakan oleh pengelola, juga terdapat tempat peristirahatan yang di bangun di setiap pinggir telogo. Bangunan berbentuk gubuk dari kayu dan bambu dibuat secara terbuka. Hal ini dilakukan agar pengunjung saat beristirahat di gubuk tersebut dapat merasakan kesejukan. Karena bangungan gubuk berada di area yang tinggi, maka pengunjung dapat melihat langsung orang-orang yang sedang menaiki perahu.


Demikian informasi tentang objek wisata telogo rejo yang ada Desa Sendang Baru Lampung Tengah Provinsi Lampung. Semoga bermanfaat. Terimakasih!