Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teman Baik Kenal di Fecebook

Teman Baik Kenal di Fecebook
Gambar by @ Fb Dola ulti sari

Hai sahabat Laa Carita. Bagaimana kabarnya?

Emmm…..! Bagaimana pendapat teman-teman mengenai persahatan yang ada di dumay. Apa sih itu dumay? Masak ngak tahu sih! Itu loh..! singkatan untuk dari dunia maya. Heheheee!! Baru tahu ya?

Entah itu persahabatan yang ada di facebook, whatsapp, line. Twiter, instagram, masengger, telegram dan lain sebagainya. Admin yakin pasti teman-teman juga banyak memiliki sahabat di dunia maya. Iya kan..! udah ngaku aja.  Tu kan ketahuan. Hehee! 

Kenapa ini perlu di tanyakan oleh admin? Ya karena admin ingin tahu aja pendapatnya teman-teman bagaimana. Siapa tahu berbeda dengan pendatku sendiri. Ups…! ngak salah nih..! hehe..!  

Bagaimana menurut teman-teman, Apakah persahabatan di dunia maya itu memberi manfaat atau tidak? Dapat memberi manfaat yang positif atau justru yang negatif!

Hadirnya sahabat baru dalam dunia maya, pasti membuat kita senang dan bahagia. Kenapa? Karena kita meresa sahabat yang ada di dunia maya seolah melebihi persahabatan yang nyata. Setiap waktu saling berkomunikasi, bertanya tentang kabar atau yang lainnya. 

Komunikasi tidak akan memberi batasan seseorang untuk terus saling tegur sapa satu sama lain. Mau kapan pun, di mana pun pasti bisa untuk di jangku hanya dengan hitungan menit. Asalkan nomernya aktif, jaringan signalnya bagus dan yang pasti pulsanya juga ada. ini sangat penting, karena sebagai penunjang untuk bisa menghungi sahabat yang di maksud. 

Apalagi di zaman sekarang ini yang serba canggih, banyak fitur yang terdapat pada aplikasi handphone yang memberi kemudahan untuk langsung berkomunikasi hanya dengan mengirim pesan, gambar, video, atau yang lainnya. Bahkan tidak jarang pemanfaatan apliksi pada video call juga sering kali digunakan oleh setiap pengguna. 

Jadi mau kapan pun dan dimana pun  kita bisa dengan cepat menghubungi sahabat kita sendiri secara langsung. 

Kalau boleh tahu nih..! berapa jumlah sahabat teman-teman yang ada di dunia maya? Pasti lebih dari satu kan? Atau bahkan dua, tiga, empat, dan seterusnya lebih banyak lagi. heheheee! Berarti admin kalah ini ya? Kalau admin sendiri hanya punya sedikit. Mau disebutkan! Ah…! Jangan ah, nanti admin malu. hehehee..! ups!

Terus yang dimaksud admin ini persahabatan dalam hal yang bagaimana? Apakah teman lama yang sudah kenal sebelumnya dan yang sering kali bertemu dengan kita atau hanya teman yang memang dia belum pernah bertemu sama sekali. 

Oh…! Iya-iya. Berarti perlu admin spesifikkan lagi yah, biar lebih jelas. Hehee, maaf! Jadi sebagai perbandingannya, coba teman-teman perhatikan semenjak adanya handphone berbasis android hubungan persahabatan kalian lebih akrab yang mana. Apakah dengan teman yang sering bareng  atau justru yang belum pernah ketemu langsung? hayo di jawab dengan jujur ya! Heheee!

Kok pertanyaannya ngak mutu banget sih min? coba tanya hal yang lain aja! Udah..! coba dijawab aja dulu. Ini karena yang admin rasakan juga seperti itu, sama seperti kalian. Hehehe…! Akhirnya admin ngaku juga yah! orang belum di tanya balik kok sudah jujur duluan. Ups! admin keceplosan. 

Persahabatan dalam media sosial itu seolah menjadi persahabatan yang nyata. Meskipun sebelumnya kita belum pernah bertemu dengannya, tetapi seolah-olah kita sudah sangat akrab. Setiap hari, setiap waktu pasti ada aja yang di tanyakan. Juga bukan hanya lewat pesan singkat saja, melainkan langsung lewat panggilan telepon bahkan sampai ke video call. 

Sekarang ini, semenjak adanya media sosial yang berkembang begitu pesat. Membuat orang semakin mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Misalnya berkomunikasi dengan sahabat sendiri, pacar atau bahkan keluarga yang jarakya sangat jauh. 

Kemajuannya, tekhnologi komunikasi hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai salah satu bagian dari kebutuhan manusia sehari-hari.  Media sosial seakan tidak pernah lebas dari genggaman tangan. Saat dimana pun kita berada tentu kita selalu membawa handphone.

Apabila kita akan bepergian jauh sampai lupa membawa handphone, tentu perasaan kita sangat gelisah. Rasanya ingin segerara kembali lagi kerumah dan mengambilnya langsung. Maka bisa jadi kemungkin bahwa penggunaan handphone dapat mengakibatkan seseorang kecanduan. Baik itu, dari kalangan remaja, orang dewasa, bahkan anak-anak. 

Penggunakan media sosial terdiri dari beberapa  apliksi yang berbeda-beda. Baik itu dari facebook, whtsapp, instagram dan lain-lain. Dari aplikasi ini, kita dapat menggunakannya sesuai dengan selera dan keinginan kita masing-masing. 

Demikian tadi gambaran singkat tentang media sosial. Silahkan teman-teman tentukan mana yang teman-teman sukai. Adapun pesan dari admin, mari kita gunakan media sosial dengan bijak dan memanfaatkannya untuk kepentingan yang positif. Jangan sampai adanya media sosial kita gunakan untuk kepentingan yang melanggar norma hukum atau hal lain yang memang itu tidak bermanfaat. cukup sekian dari admin, saya ucapkan terimakasih. Hehee..! 

Oh iya, karena ini sedang membahas tentang media sosial terutama pada handphone. Admin akan bercerita untuk sahabat semua tentang persahatan admin dengan salah satu orang yang belum pernah bertemu sebelumnya.  Ini kalau boleh adimin cerita, kalau enggak ya ngak usa dibaca samapi selesai ya? Cukup teman-teman crol aja layarnya. Heheee..! 

DOLA ULTI SARI

Kurang lebih empat tahun yang lalu aku berkenalan dengan salah seorang teman yang sebelumnya aku tidak mengenalnya sama sekali. Aku pun lupa awal mula berkenalan itu. Yah..! maklumlah karena sudah lama dan mungkin karena faktor usia juga. Hehee..! (sudah tua ya? Ups! keceplosan) Tetapi yang jelas perkenalanku terbilang sangat singkat. Tidak ribet dan bertele-tele, begitu aku inbok langsung di respon dengan cepat. Hehee..!

Berbeda kalau misalnya kita denger cerita dari teman atau pas kita lihat berita di televisi yang memberitakan tentang kasus kejahatan seperti pencurian, perampasan, asusila, atau yang sejenisnya yang awal mulanya antara tersangka dan korban adalah dari berteman lewat media sosial. 

Kejahatan ini  pasti sering terjadi sementara yang sebagai modusnya adalah menjalanin hubungan pertemanan baru lewat fecebook, whtsapp, instagram dan lain sebagainya. Kalau menurut pribadi ku, ketika mencari teman lewat media sosial itu sangat menyenangkan. Asalkan tujuan dan niat kita baik pasti akan di terima dengan baik pula. 

Dan yang lebih penting lagi selama pertemanan itu masih terus berlanjut, setidaknya kita dapat saling menjaga, menghormati dan menghargai satu sama lain. Tidak mengejek atau mencela, baik dalam bentuk tulisan, gambar atau yang lainnya. 

Jadi pada intinya pertemanan lewat media sosial bagiku tidaklah masalah. Meskipun dia adalah teman yang baru dan belum pernah bertemu sebelumnya. Meskipun dia  bukan dari saudara kita, dan alamatnya jauh dari kita. 

Bukan hanya antar kota, tetapi antar daerah provinsi atau bahkan sampai keluar negeri. Itu semua tidak menghalangi sebuah pertemanan lewat media sosial. Disisi lain, kalau kita dengar banyak cerita tentang orang yang mendapatkan jodoh lewat perantara media sosial. 

Mereka menjadi suami istri awal mula perkenalannya dari fecebook, whtsapp, instagram dan lain-lain yang pada akhirnya mereka memutuskan untuk menikah. Nah..! ini bagian dari buktii sisi positif dalam penggunaan media sosial dapat mempertemuakan jodoh.

Jadi bebas kita mau berteman dengan siapa saja. “Kuncinya adalah jujur” dengan siapa kita berteman. Dengan tujuan apa kita mencari teman.

Bukankah mencari teman itu banyak manfaatnya? Yaitu untuk menambah jumlah persahabatan, bisa belajar saling menghargai, menghormati antara satu dengan yang lain, bisa belajar tentang kejujuran, bisa belajar untuk saling peduli, perhatian, bisa belajar tentang beretika yang baik lewat media sosial, dan juga bisa belajar untuk menambah silatuhrahmi antar sesama. 

Meskipun mereka adalah orang yang berbeda dari segi suku, budaya dan kultur bahasa. Intinya kita tetap sama, tidak ada yang di beda-bedakan. Jadi semangatlah mencari sahabat sebanyak-banyaknya. Heheeeee!!! 

Seperti perkenalanku dengan seorang gadis cantik, anggun dan berkacamata. DOLA ULTI SARI adalah nama yang tertera di profil fecebook miliknya. Entah itu nama asli atau bukan, yang jelas aku sendiri juga kurang tahu. Karena semenjak bertemen dengannya aku tidak pernah menanyakan tentang nama aslinya siapa. Kebetulan aku juga tidak memperdulikan tentang hal itu. Pokoknya asalkan dia merespon pertemanku dengan baik sudah cukup membuatku senang. Heheee….! 

Waktu itu pertemanku dengan mbk Dola berjalan baik-baik saja. Ketika aku inbok, pasti langsung di bales. Apalagi dulu waktu dia masih sekolah. Masih tinggal di kontrakan. Jadi ya, banyak waktu senggang untuk sekedar membalas pesan singkatku. 

Tetapi terkadang yang membuatku merasa heran. Meskipun aku yang duluan mengirimkan pesan, tanpa pernah bertanya balik tentang diriku. Aku juga heran. Apakah dia tidak merasa curiga atau gimana gitu..! Apa dia ngak mengira kalau aku orang jahat mencari kesempatan bermodus media sosial. Hehehee…! 

Mudah-mudahan mbak Dola tidak berfikir sejauh itu. Nyatanya dia merespon pertemananku baik-baik saja.

Selain cantik, ternyata mbk Dola ini suka dengan anak kecil. Waktu pulang ke rumah, dia selalu bermain dengan anak kecil. Yah..! seru banget pasti. Bisa rame-rame bermain bereng mengingatkan masa kecil dulu. Mbk Dola juga suka dengan binatang kucing. 

Iya kucing binantang yang sangat menggemaskan. Heheee! Oh iya, aku memanggilnya dengan sebuatan mbk Dola. Ini sudah menjadi kebiasaanku jika berkenalan dengan teman baru. Hehee..! kalau dipanggil langsung dengan sebutan nama kayaknya kayaknya gimana gitu! 

Karena tahu sendiri kan, kalau orang baru kenal pasti agak-agak jaim, malu-malu gimana gitu. Iya termasuk aku sendiri. heheee!

Aku memanggilnya mbak Dola, sementara mbak Dola memanggilku dengan sebutan Opung. Jujur waktu itu aku tidak terima kalau di panggil Opung. Karena aku sendiri namanya juga bukan Opung. 

Namaku jelas Tri Setio Fahrudi. Istilah Opung aku ngak tahu apa artinya apa ya? tetapi setelah aku nyari di internet ternyata istilah Opung berartikan orang yang di hormati dan juga bisa digunakan untuk seorang kakek, nenek, datuk dan eyang. Setelah aku mengetahui apa arti istilah Opung, aku mau-mau aja ngak jadi masalah. 

Apa lagi itu adalah sebutan yang baik. Meskipun aku merasa belum jadi orang tua atau orang yang di hormati. Hehehee! Mbk Dola ini ada-ada aja loh! 

Emm….! Mbak Dola, bukankah istilah opung adalah bagian dari kultur Budaya Batak. Dan setahu aku mbk Dola dari Melayu. Ahh….! Yang bener yang mana mbk Dola. Ah…! jadi bingung aku mbk! Hem!

Selama berteman asalkan kita saling menjaga dan menghormati antar sesama teman yang memang baru kenal, sekali lagi  tidak ada masalah. Nyatanya hingga diwaktu berikutnya di hubungan pertemananku dengan mbk Dola berbilang dekat. 

Kalau untuk alamat rumah mbk Dola, seinget aku ada di daerah Riau. Tepatnya di daerah guruda apa gitu ……! Heheee… bener-bener aku lupa! Maaf, ya mbak Dola. Sedangkan aku ada di Lampung. Berarti ya cukup lumayan jauh. Kalau kesana jalan kali bisa tiga bulan baru sampai sana. Hehee….!

Dari awal aku serin kirim pesan dengan mbak Dola lewat aplikasi fecebook dan mesengger. Sejak itulah sedikit aku mengetahui tentang dirinya kalau mbk Dola emang orangnya sangat baik dan periang. Kalaupas waktu aku kirim pesan singkat pasti langsung dia bales. 

Aku baru inbok satu pesan, mbk Dola balesnya langsung tiga sampai empat pesan. Heheee…! Aku masih capek ngetik huruf,  dia uda langsung bales lagi terus-terusan. “Uh..! mbk Dola ngetik pesan balesan kok cepet amat ya.” Selalu begitu kataku.

Waktu itu, di ditahun yang sama mbk Dola masih kuliah. Kalau tidak salah di bagian perawatan. Soalnya aku lihat di seragamnya itu serba putih-putih. Heheee! Pasti lah dibagian kesehatan (nebak-nebak aja). 

Apa lagi kalau sekarang aku sering lihat beberapa fotonya di rumah sakit. Jadi bener, memang mbk Dola dulu kuliahnya di kesehatan. Sekarang dia udah selesai kuliah dan sudah bekerja di salah satu rumah sakit di daerah Riau. 

Duh…! Senengnya, abis selesai kuliah langsung bisa bekerja. Semangat ya mbk Dola!!! Banggkan orang tua dan keluarga.!!! 

Dan sekarang, mungkin karena berbagai kesibukan pada pekerjaan yang mbak Dola emban di rumah sakit terlalu banyak. Jadi membuat pertemananku dengannya agak mulai renggang. Heheee! Ini terbukti, sudah beberapa kali aku sengaja kirim pesan singkat tidak pernah di balas olehnya. 

Aku juga tidak tahu apa alasannya mbk Dola sampai jarang balas pesan singkatku. Apakah aku ada salah atau gimana aku juga tidak tahu. Apa mungkin pas waktu itu pernah aku kirim puisi yah!Hehee…! Maaf mbak Dola, ngak ada maksud lain dan jujur ngak ada maksud apa-apa. 

Aku mengagumi seseorang hanya bisa lewat ekspresi dari untuaikan kata yang aku tulis dulu. Maaf kalau sampai menyinggung hati. Hehehe! Ups!

Emm…! Mungkin juga dari kesibukan mbk Dola karena sekarang kan lagi ramai tentang wabah Virus Corona. Jadi setiap rumah sakit harus selalu siap siaga setiap waktu. Hal ini sangat wajar kalau membuat kesibukannya mbk Dola jadi bertambah. 

Tetapi aku sebagai teman merasa senang, karena pekerjaan yang mbk Dola lakukan adalah pekerjaan yang sangat mulia. Semoga apa yang mbk Dola kerjakan adalah yang terbaik untuk saling membantu antar sesama. Bukan karena untuk hal lain atau yang lain-lainnya.

Pesan singkat untuk mbak Dola.

Mbk Dola sekarang bagaimana kabarnya…! Bener nih udah hitungan tahun tidak ada kabar loh. Heheee! Iya, mudah-mudahan mbk Dola baik-baik aja di sana terus semangat dengan apa yang mbk Dola kerjakan. 

Membantu orang lain antar sesama manusia adalah salah satu bagian yang sangat mulai dan yang lebih lagi dapat membanggakan kedua orang tua. 

Oh iya, aku mau bertanya lagi. Mbk Dola sudah menikah belum nih! Kalau sudah saya ucapkan selamat ya mbk! Pokoknya doa saya untuk mbk Dola tetap SAMAWA deh! Heee..! dan kalau belum, ya mudah-mudahan cepet disegerakan menikah. Dapat suami yang sangat luar biasa! Heheee! Amin.
Udah dulu ya mbk Dola. Terimakasih atas waktunya untuk membaca tulisan ini. Mudah-mudahan tulisan singkat ini bermanfaat. Amin..! 

Maaf aku izin melampirkan foto mbk Dola di tulisan ini. hehee! Itu foto dari pertama aku kenal dengan mbk Dola. Jangan marah ya? 
Inget mbk.!! Harus semangat !!