Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Alami Sakit Gigi Untuk Meredakan Nyeri

Obat Alami Sakit Gigi Untuk Meredakan Nyeri

Sekarang ini, hampir setiap orang pernah mengalami sakit gigi. Bukan hanya dari kalangan anak-anak, melainkan pada orang yang sudah usia lanjut juga pernah mengalami sakit gigi. 

Penderita sakit gigi tentu tidak hanya dialami satu kali saja, melainkan sakit gigi dapat kambuh lagi sampai berulang-berulang.  

Ada banyak faktor yang menyebabkan sakit gigi kambuh. Salah satunya adalah faktor makanan, minuman dan juga faktor cuaca. Misalnya cuaca dingin di musim penghujan juga bisa menyebabkan sakit gigi datang lagi. Karena pengaruh badan dan suhu yang amat dingin. 

Apalagi kondisi gigi yang memang sudah berlubang, maka sangat rentan sekali kambuh. Kalau dari faktor makanan dan minuman yang mengandung gula berlebihan. Kemudian jarang membersihkan gigi setelah makan juga akan menyebabkan awal bakteri bekerja merusak gigi. Sisa makanan yang nantinya menjadi plak kotoran. 

Baca juga : Penyebab gigi berlubang dan berdarah


Obat sakit gigi

Orang yang mengalami sakit gigi, tentu tidak akan merasa tenang. Apapun aktivitasnya pasti terganggu karena merasakan nyeri yang begitu sakit. Bahkan mau makan atau saat berbicara menjadi tambah sakit.

Sakit gigi, apabila tidak segera ditangani maka akan semakin parah. Oleh karena itu kita harus mengobati sakit gigi dengan cara memeriksakan ke dokter gigi. 

Namun, apabila sakit gigi datang secara tiba-tiba. Misalnya karena kondisi dan cuaca yang dingin mengakibatkan sakit gigi kambuh. Maka perlu melakukan penanganan sebagai pengobatan darurat. Misalnya dengan pengobatan secara alami. Hal ini untuk meredakan rasa nyeri pada gigi.


Obat alami sakit gigi untuk meredakan sakit


Berdasarkan penjelasan keterangan diatas mengenai obat sakit gigi, maka dapat untuk mengobati sakit gigi dapat dilakukan dengan cara yang alami. Beberapa bahan alami untuk obat sakit gigi dapat membantu meredakan sakit nyeri pada gigi yang sakit. 

Misalnya dengan menggunakan bahan-bahan seperti:

  1. jambu biji
  2. cengkeh
  3. bawang putih
  4. garam
  5. batang tanaman jarak pagar
  6. es batu
  7. salompas
  8. pasta gigi


Bahan obat-obat yang alami untuk meredakan sakit gigi seperti yang tertera pada keterangan diatas tidaklah sulit untuk dicari. Hanya saja, terkadang kita belum tahu cara menggunakannya. 

Berikut ini penjelasan mengenai bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi serta cara menggunakannya.


Dengan daun jambu biji

Daun jambu tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, karena biasanya banyak di taman di sekeliling rumah. Daun jambu memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Kandungan pada daun jambu terdapat analgesik anti radang sekaligus sebagai bahan antimikroba. 

Adapun cara menggunakannya adalah dengan mengunyah daun yang sudah dibersihkan. Kemudian mengoleskan ekstrak daun kebagian gigi yang sakit dengan menggunakan lidah. 

Selain dengan cara tersebut, terdapat cara lain yaitu dengan merebus daun jambu sampai mendidih. Kemudian air rebusan daun jambu, apabila sudah hangat digunakan untuk berkumur-kumur.


Dengan cengkeh

Sakti gigi dapat diredakan dengan menggunakan cengkeh, yaitu dengan cara cengkeh dihaluskan kemudian dioles dengan menggunakan kapas kecil. Setelah itu dimasukkan pada bagian gigi yang sakit atau gigi berlubang. Namun untuk penggunaan cengkeh sebaiknya jangan terlalu berlebihan.


Dengan bawang putih

Bawang putih ternyata dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Bawang putih atau yang biasa dikenal dengan bahan bumbu masak tentu dapat mudah didapatkan. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih yaitu dengan mengunyah pada bagian gigi yang terasa sakit. 

Selain itu dapat juga dengan cara lain, yaitu bawang diiris kecil-kecil kemudian diletakkan pada bagian gigi yang sakit.


Dengan menggunakan garam

Sebelumnya garam direndam terlebih dahulu, apabila sudah larut maka air digunakan untuk berkumur-kumur, terutama pada bagian gigi yang terasa nyeri. Lakukan ini beberapa kali sampai benar-benar gigi sudah tidak terasa sakit. 

Berkumur dengan menggunakan air garam akan membersihkan setiap lapisan pada gigi dan kandungan yang ada pada garam membunuh bakteri yang terdapat pada gigi yang berlubang. 


Dengan batang tanaman jarak pagar

Batang tanaman jarak biasaya berada di pagar pekarangan rumah. Tanaman ini biasa digunakan untuk batas ukuran tanah. 

Ternyata tanaman jarak pagar dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi yaitu diambil pada bagian getahnya. Getah yang paling banyak yang keluar adalah dibagian tangkai daun. Getah yang berwarna putih leka, jika dibiarkan akan berkerak.

Cara menggunakan getah batang jarak pagar yaitu pada bagian tangkai daun dipotong kemudian keluar getah. Setelah itu, getah bening tersebut diteteskan pada bagian gigi yang sakit atau gigi yang berlubang. 

Biarkan sejenak, jangan minum air terlebih dahulu. Bisanya setelah getah diteteskan pada gigi, maka mulut terasa akan keluar air liur. Apabila gigi sudah tidak terasa nyeri, maka berkumurlah dengan menggunakan air putih biasa.


Di kompres dengan es

Ternyata ketika gigi mendadak terasa sakit maka segeralah mengompres dengan menggunakan es dari kulkas. Cara ini dilakukan untuk meredakan rasa sakit gigi yang nyeri menjadi lebih enakan seperti semula. 

Meskipun tidak secara langsung sembuh total, namun dapat mengurangi rasa sakit. Lakukan cara ini berulang ulang. 

Es batu yang sudah dilapisi dengan kain tipis, kemudian menempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit. Karena sensasi dinginnya es, akan membuat saraf gigi tidak tegang lagi. 


Dengan menempelkan salompas

Salompas sendiri dapat dibeli di toko obat (apotik). Ternyata salompas juga dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit pada gigi. 

Hanya dengan menempelkan salompas di bagian kulit luar pada pipi yang terdapat gigi yang sakit, kemudian memijitnya  secara perlahan. Maka nyeri pada gigi akan berkurang dengan sendirinya. 


Dengan menggunakan pasta gigi

Pasta gigi tentu ada di setiap rumah. Pasta gigi yang kita miliki dapat digunakan sebagai alternatif untuk pengobatan ketika gigi terasa sakit. 

Hanya dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian pipi, kemudian memasukkan secukupnya di bagian lubang gigi. Maka akan nyeri pada gigi akan berkurang. Meskipun hanya sebentar, tetapi setidaknya dapat menjadi obat alternatif meredakan sakit gigi.

   

Tips agar tidak sakit gigi

Berapa tips yang perlu dilakukan untuk tidak sakit gigi adalah sebagai berikut :

  1. Selalu menjaga dan kebersihan gigi secara teratur
  2. Menyikat gigi dengan setelah makan atau dua sampai tiga kali sehari
  3. Tidak mengomsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula
  4. Rutin memeriksa kondisi gigi apabila mengalami sakit ke dokter gigi


Demikian penjelasan mengenai obat alami sakit gigi yang biasa digunakan untuk bahan atau bumbu masak. Semoga bermanfaat. Terimakasih!