Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Gigi Berlubang dan Berdarah

Penyebab gigi berlubang berdarah

Penyebab gigi berlubang berdarah. Apabila kita pernah mengalami gangguan pada gigi yang berlubang dan berdarah tentu kita tidak akan terasa nyaman. Kondisi  ini tentu akan mempengaruhi aktivitas kita disaat bekerja.

Gangguan pada gigi berlubang tentu tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, melainkan dapat dialami oleh mereka yang masih anak-anak. Hal  ini menjadi pemicu jika gigi berlubang akan menyerang siapa saja. 


Gejala gigi yang berlubang

Biasanya gejala yang sering dirasakan pada gigi yang berlubang ditandai pada rasa nyeri di bagian gusi, terasa sakit saat mengunyah makanan,terasa ngilu saat minum es, dan apabila bagian gigi yang berlubang kemasukan sisa makanan membuat gigi terasa sakit.

Gejala-gejala tersebut yang sering terjadi pada gigi yang berlubang terkadang sampai membuat sakit yang tidak tertahan. Bahkan dampak dari sakit gigi bisa membuat emosi tidak terkontrol.

Sedangkan posisi gigi yang rentan akan gigi berlubang yaitu pada bagian gigi geraham atau gigi belakang. 

Setiap orang tentu merasakan gejala atau tanda-tanda yang berbeda-beda. Apa bila mengalami hal tersebut, maka segerakan untuk berobat.


Apa Penyebab Gigi Berlubang ?

Berdasarkan beberapa sumber yang kami himpun mengenai kondisi gigi yang berlubang adalah karena adanya plak yang menempel di lapisan gigi kemudian mengikis secara perlahan. Plak ini berasal dari makanan yang di konsumsi. 

Penyebab gigi berlubang yaitu makanan yang banyak mengandung gula. Seperti roti, susu, permen dan lain sebagainya. Selanjutnya plak yang menempel di lapisan gigi akan menjadi zat asam karena adanya perubahan yang dilakukan oleh bakteri.

Sebenarnya, alangkah baiknya setelah makan tentu kita harus membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Hal ini dilakukan untuk menghindari atau mengurangi resiko pada gigi yang berlubang. 

Kondisi pada gigi yang berlubang akan terjadi secara perlahan bertahap yang semulanya mungkin masih berukuran kecil, jika dibiarkan terus menerus akan menjadi lebih besar lagi.


Adapun beberapa penyebab lain yang membuat gigi berlubang adalah sebagai berikut :

  • mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang terasa manis
  • tidak membersihkan gigi setelah makan
  • karena faktor usia yang sudah lanjut
  • tidak memakai pasta gigi yang yang mengandung fluoride
  • kondisi mulut kering dan mengalami gangguan penyakit refluks


Gigi berlubang berdarah

Gigi berlubang bahkan sampai berdarah biasanya terjadi pada saat sedang menyikat atau membersihkan gigi setelah makan. Kondisi ini tentu harus diperhatikan karena memang gigi yang berdarah jangan kita anggap sepele. Segera lakukan pengobatan pada medis atau pemeriksaan ke dokter jika mengalami keluhan.

Penyebab gigi berlubang berdarah karena disebabkan oleh adanya peningkatan permeabilitas pada pembuluh darah mikro di ruang pulpa gigi yaitu ruang yang berdapat saraf dan pembuluh darah. Akibat desakan aliran darah yang menuju ke bagian pusat radang. 

Selain itu, penyebab gigi berlubang dan berdarah terjadi karena adanya iritan. iritan yang telah meyebar pada melalui bakteri yang terdapat pada gigi. 

Jika dibiarkan terkadang akan terasa nyeri dan sakit terus menerus. Lubang pada gigi akan semakin besar dan rasa nyeri pada gigi akan semakin bertambah. 


Penanganan gigi yang berlubang

Pengobatan pada gigi yang berlubang harus segera dilakukan yaitu dengan cara melakukan perawatan gigi secara intens yaitu rajin membersihkan gigi setiap hari pada saat pagi dan sore atau setelah makan. 

Proses pembersihan gigi dilakukan dengan cara menyikat gigi yang benar, menyikat pada bagian sela-sela gigi. Selain itu penanganan yang lain adalah mengurangi asupan makanan yang mengandung gula dan minuman yang bersoda. Perbanyaklah minum air putih.

Jika lubang pada gigi masih kecil dan tidak dalam, maka lakukan penambalan. Kemudian melakukan diskusi dengan dokter gigi untuk mendapatkan bimbingan atau arahan mengenai perawatan pada gigi.

Demikian penjelasan singkat mengenai gigi yang berlubang. Mudah-mudahan menambah artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat. Terimakasih!


Referensi : 
https://www.halodoc.com/kesehatan/gigi-berlubang
https://www.alodokter.com/gigi-berlubang