Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Bendungan Batu Tegi Tanggamus Lampung

Bendungan batu tegi
Hai, teman-teman. Apakah kalian tahu bendungan batu tegi yang ada lampung. Kalau sudah tahu, tentu teman-teman pasti merasa senang saat berada di bendungan batu tegi. Karena di bendungan tersebut selain tempat yang indah, juga juga membuat kita merasa betah saat berada di tempat wisata bendungan batu tegi. Apalagi ini adalah merupakan tempat yang dijadikan sebagai destinasi wisata yang paling menarik yang berada di Provinsi Lampung.   Dan sebagai aikon bagi masyarakat kota di Kabupaten Tanggamus. 

Bahkan konon katanya, bendungan batu tegi adalah yang terbesar se asia tenggara. Memang kalau dihitung dari tahun dibuatnya bendungan batu tegi memakan waktu cukup lama. Terhitung sekitar tujuh tahun dari tahun 1998 sampai tahun 2004. Dan saat itu juga, bendungan batu tegi di resmikan langsung oleh presiden RI yang saat itu jabat Ibu Megawati Sukarnoputri. 

Nah buat teman-teman yang penasaran tentang bendungan batu tegi. Silahkan datang dan kunjungi bendungan batu tegi yang lokasinya berada di Pekon Batu Tegi Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus.

Tempatnya tidak jauh kok!!

Kalau dari Bandar lampung terminal Rajabasa naik bus ke arah lintas barat jurusan Kota Agung atau Wonosobo.  Sebelum sampai di Kota agung berhenti di Talang padang tepatnya di jalan pertigaan yang terdapat plang besar bertulisan Bendungan Batu Tegi.  Kemudian ikuti arah jalan pertigaan tersebut hingga sampai ke lokasi pintu masuk bendungan batu tegi. Memang lebih baik, disarankan apa bila ingin berkunjung ke Batu Tegi, lebih baik dengan kendaraan pribadi. Baik itu mobil ataupun kendaraan bermotor. Hal ini memang, akses jalan menuju arah Batu Tegi jarang sekali mobil umum.

Nah...! sedangkan buat teman-teman yang membawa kendaraan bermotor, bisa langsung menuju ke lokasi dengan arah  jalan yang sama. Apa bila masih belum ketemu juga tempatnya, teman-teman tidak perlu khawatir. Silahkan cari saja lokasi Bendungan Batu Tegi lewat Google map. Pasti ketemu!

Untuk biaya masuk ke lokasi di bandrol dengan tarif RP. 2000 rupiah. Kemudian teman-teman bebas mencari tempat mana yang di sukai. Di tempat itu, kita bisa merasakan keindahan alam yang begitu luar biasa. Udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah membuat pandangan mata seolah tak bosan berada di sekitar lokasi bendungan. 

Pohon-pohon yang berukuran besar berdiri tegak mengelilingi sekitar dataran. Letaknya yang berada di daerah pegunungan, maka tidak heran jika masih sangat alami. Apabila kita berjalan tepat diatas bendugngan, tentu kita akan merasakan lelahnya menghitung langkah demi langkah dari bagian batas arah  barat hingga sampai pada bagian timur yang terdapat gedung kantor. Karena memang Bendungan Batu Tegi sangat panjang dan besar.

Tentu teman-teman selama berada di lokasi bendungan batu tegi dapat berfoto-foto dengan sanak saudara, keluarga ataupun pacar. Tempat yang indah, pemandangan alam yang luar biasa.

Namun selama teman-teman berada di bendungan batu tegi, ada beberpa perhatian yang perlu di perhatikan dengan baik. Jangan di langgar intruksi dari pihak pengelola bendungan . seperti misalnya pengunjung tidak boleh merusak atau menghancurkan fasilitas yang ada. Atau pun melanggar telah memasuki zona tempat atau wilayah yang memang itu tidak boleh. Hal ini dilakukan agar pengunjung dapat mengetahui sekaligus mematuhi aturan yang telah di terapkan. 

Apabila kita mamndang di bagian sebelah timur, tentu kita akan melihat tulisan yang berukuran besar dengan warna kuning. Iya, tulisan tersebut tertulis Bendungan Batu Tegi.

Bendungan batu tegi yang luasnya sekitar 3.560 hektare tentu kita dapat membayangkan betapa luasnya bendungan tersebut. Makanya wajar, jika bentungan ini dikatakan sebagai bendungan yang terbesar.  

Di bagian samping kanan-kiri terdapat pagar pembatas antara air dan dataran. Sedangkan di bagian sebelah dari arah berlawanan terdapat deretan tumpukan batu besar tersusun sangat rapih.  Hingga membentuk deretan tangga.
Wisata bendungan batu tegi
Selain itu, di bagian bawah bendungan terdapat bagungan yang terlihat sangat kecil. Bangunan tersebut adalah bangunan yang dibuat sebagai kantor tempat untuk beroperasi bagi pengelola. Apabila kita melihat bangunan dari atas bendungan, tentu akan terlihat sangat kecil sekali. Hal ini karena mamang pengaruh dari tingginya bendungan. 

Selain itu, genangan air yang jernih membuat kita merasa senang saat melihatnya. Hamparan permukan air yang dikelilingi pohon-pohon besar membuat kesejukan yang luar biasa. Namun bagi teman-teman pengunjung, akan di larang untuk mandi atau berenang di tempat tersebut. 

Apabila kita masih berada di tempat bagian timur, kita juga akan menjumpai tugu yang dibuat sebagai tanda bukti peresmian bendungan batu tegi. Tugu yang bertuliskan waktu peresmian dan tanda tangan dari Ibu Presiden Megawati sukarno putri. 

Tidak jauh dari tempat itu, kita juga dapat membaca tulisan daftar orang-orang yang telah meninggal dunia pada saat proses pembuatan bendungan batu tegi. Ada sekitar 13 orang yang meninggal dunia yang namanya tercantum secara utuh. Maka, untuk menghormati orang-orang yang berjasa pada saat pemembangunan bendungan batu tegi kita dilarang keras untuk merusak atau mengotori tempat tersebut. 

Di sekitar lokasi bendungan batu tegi juga terdapat yang berukuran kecil yang biasanya digunakan untuk para pengunjung yang ingin berkeliling menyisiri kawasan perairan. Dengan menaiki perahu yang disediakan oleh pengelola kita dapat menikmati indahnya alam sekitar lokasi tesebut. 

Ternyata keindahan bendungan batu tegi memang luar biasa. Dari segi arinya yang jernih, alamatnya yang alami, udaranya yang sejuk dan juga tempat-tempatnya yang membuat kita ingin berlama-lama di tempat itu. 

Sangat wajar jika bendungan tegi di nobatkan sebagai tempat wisata yang ada di Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung.

Sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh pengunjung dari luar daerah. Ternyata di sisi lain, bendungan batu tegi dibuat dengan tujuan untuk  Pembangkit  Listrik Tenaga Air (PLTA) dan juga aliran air tersebut di gunakan untuk  irigasi persawahan. Lokasi daerah yang dapat memanfaatkan aliran air batu tegi, bukan hanya dari warga sekitar saja melainkan warga dari luar daerah seperti Metro, Bandar lampung dan lampung selatan. 

Nah, sekali lagi buat teman-teman yang belum pernah berkunjung ke lokasi bendungan batu tegi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimaksih!